Gambar 1. Darmayu dan Teman-teman

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka tahun 2022 (PMM 2) merupakan sebuah program mobilitas mahasiswa selama satu semester untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi di Indonesia sekaligus memperkuat persatuan dalam keberagaman.

Universitas PGRI Palembang merupakan salah satu perguruan tinggi yang mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa oleh kampus merdeka.

Made Darmayu merupakan salah satu mahasiswi dari program studi S1 Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang lolos dalam program pertukaran mahasiswa yang bertempatkan di Institut Pendidikan Indonesia Garut, Jawa Barat. Pembelajaran atau perkuliahan pada program PMM 2 ini dilaksanakan selama 5 bulan di perguruan tinggi penerima.

Selain materi perkuliahan di perguruan tinggi penerima, mahasiswa juga diberikan matakuliah yang menjadi inti dari program pertukaran mahasiswa yaitu modul nusantara. Modul nusantara merupakan matakuliah tambahan untuk mahasiswa PMM dalam mengenal kearifan lokal budaya setempat.

Darmayu mengatakan bahwa banyak sekali pengalaman yang di dapatkan selama mengikuti program pertukaran mahasiswa tersebut. Mulai dari mengenal banyak orang yang berbeda budaya, suku, adat dan tradisi kemudian mengunjungi tempat-tempat yang memiliki unsur kebudayaan di Garut.

Dengan adanya program pertukaran mahasiswa ini diharapkan mahasiswa Pendidikan fisika dapat lebih meningkatkan prestasi dari bidang akademik maupun bidang lainnya.

Gambar 2. Berbagai Kegiatan PMM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

totoagung totoagung2 cantiktoto amintoto restoslot4d slotgacor4d qdal88 https://motivasiagung.com/ https://antartidargentina.com/ https://whalebonestudios.com/ https://167.71.213.43/ https://167.71.204.61/ https://cadizguru.com/ https://157.245.54.109/ https://128.199.163.73/ https://hokkaido-project.com/ https://akb48nensensou.net/