Gambar 1. Maretha Viona Elsya Hayati

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menawarkan banyak program-program menarik yang dapat diikuti oleh mahasiswa, salah satunya adalah Program Pertukaran Mahasiswa ini. Pada tahun 2022 dilaksanakan Program Pertukaran Mahasiswa Batch II.

Universitas PGRI Palembang mengirim beberapa mahasiswa nya untuk mengikuti program ini, salah satu yang mendapatkan kesempatan emas ini adalah Maretha Viona Elsya Hayati mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Semester 2.

PMM sendiri merupakan Program yang mengedepankan nilai-nilai pancasila dan mengharapkan mahasiswa yang mengikuti program ini lebih peka dan peduli dengan adanya perbedaan kebudayaan di Indonesia, serta membangkitkan jiwa-jiwa nasionalisme.

Selain itu, mahasiswa juga diajarkan untuk lebih peduli dengan keadaan sekitar dan sesama manusia. Untuk merealisasikan nilai-nilai pancasila, mahasiswa merancang kegiatan kemanusiaan yang diharapkan dapat bermanfaat kepada orang-orang yang ditujukan.

Gambar 2. Kontribusi Sosial di Kel. Penjaringan

Gambar 3. Kontribusi Sosial di Panti Asuhan

Pada kontribusi sosial 1 kami melakukan kerja bakti di daerah tertinggal di Jakarta Utara, lebih tepatnya di RW 12 Kelurahan Penjaringan. Kegiatan yang kami lakukan adalah mengajak masyarakat setempat untuk melakukan pembersihan sampah pada tempat tinggal mereka agar lebih bersih.

Kontribusi sosial 2 yang kami laksanakan adalah Sosialisasi dan Berbagi ilmu dengan anak-anak Rumah Asuh Yatim Fadhilah Ishan dan ada di Cibubur Jakarta Timur. Kegaiatan ini kami lakukan agar adik-adik di Rumah Asuh tersebut dapat merasakan kehadiran dan juga rangkulan dari kakak-kakak mahasiswa dari berbagai daerah, serta memberikan semangat agar mereka dapat semangat sekolah untuk meraih cita-citanya.

Gambar 4. Puncak Kontribusi Sosial : Festival Budaya

Pada puncak acara, mahasiswa PMM2 melaksanakan Kontribusi Sosial bertemakan Kebudayaan, Sesuai dengan garis besar program PMM itu sendiri. Kami menampilkan kebudayaan dari seluruh Indonesia serta mengundang beberapa seniman lokal di Jakarta yang bertujuan agar mahasiswa UKI sendiri dapat mengenali kebudayaan lokal di Jakarta. Pada akhir acara, mahasiswa mendapatkan sertifkat dari kemendikbud-ristek dan juga dari UKI sebagai tanda penyelesaian tugas sebagai mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka.

Gambar 5. Sertifikat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

totoagung totoagung2 cantiktoto amintoto restoslot4d slotgacor4d qdal88 https://motivasiagung.com/ https://antartidargentina.com/ https://whalebonestudios.com/ https://167.71.213.43/ https://167.71.204.61/ https://cadizguru.com/ https://157.245.54.109/ https://128.199.163.73/ https://hokkaido-project.com/ https://akb48nensensou.net/